THE HAPPENING

Elliot Moore, seorang guru science yang sedang mengalamai masalah dengan pernikahannya harus mengalami perjalanan panjang untuk keluar dari kotanya bersama dengan istri dan keponakannya (CMIIW) karena adanya serangan virus mematikan di sepanjang Pantai Timur Amerika.

Sebenernya sih jalan ceritanya cuma gitu doang, hampir mirip2 war of the worlds cuma kali ini musuhnya adalah alam.... hehehehehe. Ada beberapa comment dari gw tentang film ini:

1. IMHO, film ini lebih mencekam dari Sixth Sense. kenapa ? karena disini Syahmalan menampilkan atmospheric horror. Tanpa adanya setan tapi tetep mencekam. Dan 1 lagi, adegan-adegan horror yang ditampilkan disini mengingatkan gw sama adegan di film-film horror classic taun 80/90 an, terutama adegan waktu di rumah si nenek-nenek tua itu.

2. Akting para pemainnya standar aja, nggak ada yang luar biasa tapi nggak jelek-jelek amat. Ada yang bilang film ini bisa mematikan karirnya Mark Wahlberg, well... kalo menurut gw justru Mark Wahlberg emang orang yang paling pas untuk meranin Elliot Moore... ;P

3. Message yang mau disampaikan di film ini kurang kena, walaupun gw ngerti maksudnya. Sebenernya film ini kan mau menyampaikan ke kita, kalau Planet yang kita tempatin sekarang ini menganggap manusia sebagai ancaman buat "mereka" sehingga sebagai mahluk hidup yang memiliki naluri untuk bertahan, akhirnya planet ini menolak kehadiran manusia dengan menyebarkan semacam virus yang mematikan. Oke sih messagenya, cuma alasan dari "penolakan" itu yang kurang di explore, memang maksudnya itu kalau manusia semakain semena-mena sama lingkungan kita, tapi hal itu kurang di tonjolin selain lewat gambar pembuangan limbah polusi di salah satu adegan. Sebagai orang yang pernah nonton film2 sebelumnya Syahmalan, akhirnya sepanjang film jadi bertanya-tanya, ini film sebenernya tentang alam atau tentang Elliot Moore itu sendiri, formula yang digunakan di Signs.

4. Gw kehilangan 1 hal di film ini yang biasanya ada di film2nya Syahmalan, Twist Ending! Sepanjang film gw nebak2 twist macam apa yang mau di tampilin di film ini. Ternyata nggak ada. Beberapa "SPOILER" yang gw baca setelah nonton film ini, twist ending film ini justru terletak di akhir film waktu seorang scientist diwawancara di suatu televisi dimana dia bilang : "alam mulai menolak kehadiran manusia dan hal ini merupakan awal dari bencana", kemudian adegan berpindah ke suatu taman di Prancis dimana semua pengunjung taman mengalami hal yang sama seperti di Central Park. Tapi menurut gw, kalau memang itu Twist-nya, yaaaa.... dari pertengahan film juga udah ketebak. Malah karakter utamanya sendiri yang mengungkapkan hal itu... hehehehehe

Akhirnya,
The Happening bukanlah masterpiece dari Syahmalan. Film ini nggak lebih baik dari The Sixth Sense, Unbreakable atau Signs tapi film ini lebih baik dari Lady In The Water :)

Gw cukup terhibur dengan film ini. Dan menurut gw, Hollywood emang butuh "creator" seperti Syahmalan sebagai penyeimbang di industri perfilman Hollywood yang semakin lama semakin membosankan film2nya, even itu film2 Big Budget. Sebagai penggemar Syahmalan, gw justru berharap dia konsisten di jalur ini, Low budget movie with good message. Baik atau buruk hasil akhir eksekusinya, setidaknya gw mendapatkan experience yang beda dari setiap film2nya dia.

Figata Online © 2008. Template by Dicas Blogger.

TOPO